nuffnang

Followers

Monday, September 12, 2011


10 Amanat anak untuk ibu dan ayah

1. Tanganku kecil, tolong jangan menilai terlalu sempurna saat aku sedang membereskan tempat tidurku,menggambar atau melempar bola. kakiku masih pendek, tolong jangan terlalu cepat kalau berjalan agar aku dapat berjalan bersama ibu dan ayah.

2. Mataku tidak seperti ibu dan ayah. aku belum melihat semua hal di dunia ini. beri aku kesempatan untuk menjelajahi dunia dengan aman dan jangan larang aku kalau tidak perlu sekali.

3. Aku tahu ada banyak pekerjaan di rumah dan di pejabat yang harus ibu dan ayah kerjakan. aku tidak akan lama menjadi anak kecil, tolong berikan aku waktu dan perhatian untuk menjelaskan dunia yang indah dan lakukanlah sepenuh hati.

4. Perasanku lembut. perlakukanlah aku sebagaimana ibu dan ayah ingin di perlakukan oleh orang lain. Jangan marah padaku sepanjang hari. Aku ingin ibu dan ayah sensitif dengan kebutuhanku.

5. Aku adalah hadiah dari allah untuk ibu dan ayah, perlakukan aku sesuai kehendak allah. Arahkan, bimbing dan siapkan aku untuk menghadapi masa depanku yang tidak sama dengan zamanmu. Berilah aku aturan, penghargaan dan konsekuensi ( bukan hukuman tanpa penjelasan yang membuat aku dendam ) atas perbuatanku yang salah sehingga aku mengerti mana yang benar dan mana yang salah.

6. Aku membutuhkan dukungan dan dorongan ibu dan ayah untuk tumbuh dan berkembang optimal bukan hanya kritikan. Ibu dan ayah dapat mengkritik perbuatanku tanpa harus membenci aku.

7. Berikan aku kesempatan berlatih mengambil keputusan untuk diriku sendiri. Ijinkan aku untuk mengalami kegagalan atau berbuat kesalahan sehingga aku dapat belajar dari hal itu. Bantu aku untuk mengatasi kegagalan dan memperbaiki kesalahan sehingga di masa depan aku sudah siap mengambil keputusan yang tepat untuk hidupku.

8. Jangan lakukan semuanya untuku, karena aku akan merasa bahwa apa yang aku lakukan tidak memenuhi standar atau harapan ibu dan ayah. Tolong jangan bandingkan aku dengan anak lain atau dengan saudara kandungku. Aku tahu ini berat bagi ibu dan ayah.

9. Jangan takut meninggalkan aku jika memang ibu dan ayah perlu pergi berdua. Anak2 juga butuh liburan tanpa ibu dan ayah, sama seperti ibu dan ayah yang membutuhkan liburan tanpa anak anaknya.

10.Bawalah aku ke masjid secara rutin, berikan aku contoh bagaimana menjadi muslim yang baik. Aku ingin tahu yang lebih banyak tentang Allah swt dan rasulNya.

...Semoga menjadi bahan renungan hati kita dalam mendidik putra putri tercinta...

No comments :

Post a Comment